search

Jumat, 08 April 2016

Sistem Proteksi Dalam Instalasi Listrik Dengan Menggunakan MCB 6A (Miniature Circuit Breaker)

saat MCB ON
saat MCB OFF



Program:


Penjelasan:

Proteksi Instalasi Listrik Dengan Menggunakan MCB 6A

Fungsi dari MCB adalah untuk memutuskan arus listrik jika terjadi beban berlebih pada rangkaian atau instalasi listrik. Pada aplikasi pascal ini digunakan MCB 6A yang berarti bahwa MCB itu akan memutuskan arus listrik jika arus yang melewatinya lebih dari 6A. MCB bisa OFF jika terjadi short( menyatunya kabel fasa dan netral), pemakaian daya listrik yang melebihi batas arus maksimum MCB. MCB 6A ini sanggup menangani daya sampai dengan 1300 Watt dengan tegangan 1 phase 220 Volt .    

Pada program pascal ini dibuat ada MCB Utama 6A yang dibagi lagi dengan 2 MCB, MCB 1 3A dan MCB 2 3A. Jika arus listrik yang melewati MCB 1 tidak melebihi dari 3A, maka MCB 1 akan tetap ON dan jika arus listrik yang melewati MCB 2 tidak melebihi dari 3A maka MCB 2 akan tetap ON. MCB Utama akan OFF jika beban arus total pada MCB 1 dan MCB 2 lebih dari 6A dalam satu waktu.

Cara menjalankan program: buka file proteksi.exe, masukkan nilai arus MCB 1, enter, Masukkan nilai MCB 2, enter, enter, menghitung kembali ketik 1, akhiri program tekan 2.