search

Jumat, 28 November 2014

Seminar How to Make Short 3D Animation


Mahasiswa Program Studi Multimedia Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta (PoliMedia) menyelenggarakan Media Art Exhibition 2 (MAX 2) yang bertajuk DreamLand pada 13-15 November 2014 di Hall PoliMedia. Pada seminar 3D Animation ini sendiri diadakan tanggal 14 November 2014 yang diadakan setelah seminar music scoring selesai. pembicara yang hadir adalah Vicky Doang.

Pada seminar ini saya hanya hadir sebentar saja dan tidak sempat mencatat apa yang dibicarakan oleh narasumber.

Sabtu, 22 November 2014

Pantun Mencintai Lingkungan



Pantun :

Pak Djo kedatangan tamu
Tamu duduk di halamannya
Wahai kawan jagalah lingkungan mu
Agar terlihat indah dipandangnya

Burung kutilang burung dara
Terbang tinggi ke udara
Pohon-pohon sebagai pelantara
Untuk manusia menghirup udara

Habis hujan air tergenang
Baju kotor kena cipratan
Ayo kawan bersenang senang
Lihat lingkungan indah,asri dan nyaman

Pohon singkong diambil batangnya
Buah apel enak rasanya
Alam ini indah rasanya
Bila manusia menjaganya

Pergi ke warung membeli gula
Gula di beli banyak sekali
Alam ini harus dijaga
Agar hidup dapat dinikmati .

Pergi ke jogja  bersama teman
Berkeliling kota naik angkutan
Menjaga sungai menjadi kewajiban
Agar tidak terjadi pencemaran.

Pergi memancing ke lautan
Dapat ikan untuk dimakan
Ayo kawan jagalah hutan
Tempat tinggal hewan hewan

Pergi belanja ke warung pak nanang
Jangan lupa beli terasi
Melihat lingkungan yang gersang
Ayo kita atasi

Jumat, 21 November 2014

Seminar Pengenalan Nuvoton Learning Board 32 bit ARM Cortex sebagai Platform Pembelajaran Microcontroller dan Embedded System



Seminar ini dilaksanakan pada 05 November 2014 di Universitas Gunadarma ruang D460. Seminar yang diadakan oleh Program Diploma TI Universitas Gunadarma ini membahas topik tentang “ Pengenalan Nuvoton Learning Board 32 bit ARM Cortex sebagai Platform Pembelajaran Microcontroller dan Embedded System” sebagai bentuk rintisan kerjasama  dengan Nuvoton.
Seminar yang diselenggarakan di  Kampus Gunadarma Depok Ruang Auditorium Gedung 4 Lantai 6, berlangsung dengan lancar. Narasumber yang mengisi kegiatan tersebut antara lain:
1. Mr, Gaveen Lee, AVP Nuvoton
2. Bpk. Lukman, Partner Nuvoton Indonesia
3. Bpk. Dr. Eri Prasetyo Wibowo, Dosen Universitas Gunadarma
Moderator: Dr. Lintang Yuniar Banowosari  
Nuvoton Technology Corporation adalah perusahaan semiconductor yang berpusat di Taiwan yang didirikan pada tahun 2008. Produk yang dihasilkan Nuvoton yaitu Microcontroller Application IC, Audio Application IC, Cloud & Computing IC, dan Foundry Service.

Pada seminar kali ini Nuvoton mengenalkan salah satau line produksinya yaitu Microcontroller Application Business Group Nuvoton berfokus terutama pada Micro-Controller IC, Voice dan Speech ICs. Nuvoton NuMicroFamily adalah general-purpose microcontroller yang pertama diproduksi di Asia yang memiliki core 32-bit ARMCortex-M0. Produk ini memiliki fitur seperti wide voltage input, high anti-interference, high noise immunity design, sangat cocok untuk sistem kontrol industry yang sebelumnya menggunakan 8 bit mikro-controller. Contoh pengaplikasian dari Nuvoton Learning Board 32 bit ARM Cortex diperlihatkan oleh pihak nuvoton berupa pengamanan pintu berangkas dengan memasukkan password, jika passwordnya benar maka secara otomatis penghalang yang digunakan untuk mengunci pintu akan terbuka dan jika password yang dimasukkan salah maka penghalangnya tidak akan terbuka dan lampu darurat akan menyala.

Embedded System (System Tertanam) adalah suatu sistem komputer yang didesain untuk menangani pekerjaan/ tujuan spesifik. Secara garis besar mirip dengan Operating System yang ada pada PC, Embedded System yang terdapat dalam suatu perangkat juga mengatur perilaku/fungsi dari Hardware tersebut. Namun, embedded system tidak bisa melakukan hal-hal yang umum seperti  memutar file multimedia. Embedded System hanya mampu melakukan suatu mekanisme untuk tujuan tertentu sesuai dengan kemampuan perangkat dimana Embedded System itu terinstall. Dimasa yang akan datang teknologi yang akan banyak digunakan adalah yang berbasis chip


Seminar Nasional Kepemudaan

Seminar Nasional Kepemudaan


Seminar ini dilaksanakan pada 28 Oktober 2014 di Universitas Gunadarma ruang D460. Seminar yang diadakan oleh BEM FTI Universitas Gunadarma ini membahas topik tentang “Jiwa Nasioanlisme Pemuda”. Seminar ini diadakan guna memperingatan hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2014. Dari acara seminar kali ini, saya bisa mengambil beberapa pelajaran dari para pembicara pada subjek - materi pelajaran yang terkandung dalam seminar.
Semangat nasionalisme diartikan sebagai suasana batin yang melekat dalam diri setiap individu sebagai pribadi maupun sebagian bagian dari bangsa dan negara, yang diimplementasikan dalam bentuk kesadaran dan perilaku yang cinta tanah air, kerja keras untuk membangun, membina dan memelihara kehidupan yang harmonis dalam rangka memupuk dan memelihara persatuan dan kesatuan, serta rela berkorban harta, benda bahkan raga dan jiwa dalam membela bangsa dan negara.

Akan tetapi seiring dengan berjalannya zaman, berbagai peristiwa yang telah terjadi mengindikasikan mulai lunturnya jati diri bangsa Indonesia khususnya dikalangan pelajar dan pemuda yang berimbas terhadap penurunan semangat nasionalisme. Ironisnya, tatkala berbagai masalah menimpa bangsa ini, masih banyak para pemuda, politisi maupun kalangan elite yang masih mementingakan kepentingan golongan ataupun kelompok daripada kepentingan bersama. Banyak dari mereka belum sadar bahwa untuk mencapai kemerdekaan bangsa pada saat itu dibutuhkan perjuangan keras bahkan hingga mengorbankan nyawa mereka untuk mati demi sebuah kemerdekaan. Jika pada zaman pergerakan kemerdekaan semangat nasionalisme diperlukan dan dibangkitkan oleh seluruh rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah maka kini di era globalisasi semangat nasionalisme diperlukan untuk membangun bangsa menuju bangsa yang beradab, bermartabat dan bersaing di dunia internasional tanpa meninggalkan identitas kebangsaannya.

Kecintaan pada produk dalam negeri mulai hilang dengan semakin banyaknya produk asing seperti makanan siap saji dari luarnegeri, produk pakian dari luar negeri dan masih banyak yang lainnya telah membanjiri dan menjamur di negeri ini. Dengan membeli produk luar negeri pemuda saat ini menganggap suatu kebanggaan tersendiri yang dapat menaikkan gengsi mereka dihadapan masyarakat. Tampaknya westernisasi telah menyulap pemuda negeri ini menjadi lupa akan jati diri mereka sebagai bangsa Indonesia yang masih memegang teguh budaya timur. Kondisi para pemuda kita saat ini nampak jelas di depan mata kita bahwa jiwa nasionalismenya mulai luntur.


Peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa adalah sarana untuk membangkitkan semangat nasionalisme, yang dapat dilakukan dengan senantiasa memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa dan bernegara dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai generasi muda bangsa Indonesia, kita harus membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air yang cenderung meredup ditengah peliknya masalah ekonomi dan politik bangsa ini, semangat akan nilai-nilai nasionalisme harus tetap dijalankan. 

Seminar New Generation and New Communication Personality and Disorder



Seminar ini dilaksanakan pada 11 November 2014 di Universitas Gunadarma ruang D460. Seminar yang diadakan oleh Program Pasca Srajana S3 Universitas Gunadarma ini membahas topik tentang “Generasi Baru dan Komunikasi Kepribadian Baru dan Gangguannya”. Dari acara seminar kali ini, saya bisa mengambil beberapa pelajaran dari para pembicara pada subjek - materi pelajaran yang terkandung dalam seminar.
Pada era Globalisasi sekarang ini dimana perkembangan teknologi begitu cepat, generasi sekarang ini sudah banyak yang mengenal teknologi seperi gadget & internet, sekarang ini hampir semua pemuda/remaja memiliki gadget, dengan gadget pasti sudah tersedia layanan untuk mengakses internet, dengan adanya kemudahan mengakses internet dimanapun sekarang ini bisa menjadi hal yang positive dan juga bisa menjadi hal yang negative, semua itu tergantung dengan siapa yang menggunakannya.

 Dengan adanya internet komunikasi kita dengan orang yang jauh jadi begitu mudah, pengertian komunikasi sendiri menurut moderator adalah  suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang , kelompok, organisasi , dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi untuk menghubungkan dengan lingkungan dan orang lain . Pada kenyataanya komunikasi tidak selalu berjalan mulus seperti yang kita bayangkan ada beberapa gangguan yang mungkin terjadi pada komunikasi sekarang ini, salah satu contohnya adalah seseorang yang mengalami broken home, dia akan melampiaskan kekecewaannya terhadap  orangtuanya yang selalu bertengakar dengan melakukan hal-hal yang negative seperti penggunaan narkoba dan melakukan hal yang lainnya. Peran teknologi disini juga membantu orang yang ingin melakukan hal-hal negative, seperti dengan adanya internet dia bisa mencari informasi siapa yang menjual narkoba dan dapat memesannya dengan mudah. Solusi untuk mereka yang sudah terjerumus ke obat-obatan terlarang itu adalah yang pertama hubungan anatara kedua orangtuanya harus diperbaiki dulu dan diperlukan peran aktif orang tua untuk merangkulnya agar dia mau direhabilitasi agar tidak memakai narkoba itu lagi.

Dengan adanya teknologi sekarang ini para pemuda/remaja bisa memanfatkannya untuk melakukan hal-hal yang positive dan dapat bermanfaat bagi penggunanya. Dengan adanya kemudahan mengakses informasi maupun dalam berkomunikasi pada era ini kita dapat memanfaatkannya untuk mempelajari budaya negara laian dan dapat berkomunikasi dengan orang di seluruh dunia dengan hanya menggunakan internet degan biaya yang murah, selain itu kita juga dapat menggunakan internet untuk media mempromosikan usaha yang kita jalankan agar usaha/ bisnis yang kita jalankan bisa lebih optimal dalam penjualannya. Dengan era komunikasi baru yang telah maju ini kita dituntut untuk mengembangkan kreatifitas yang kita miliki guna memanfaatkannya.


Sabtu, 15 November 2014

AMDAL

          Pada  topik kali ini saya akan membahas tentang AMDAL, yang belum tahu tentang AMDAL, AMDAL (ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN) merupakan instrumen pengelola lingkungan yang terdiri dari Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan (KA-ANDAL), Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL), Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL), dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL)[1].

Kegiatan apa saja yang perlu dilengkapi dengan AMDAL, tertuang dalam peraturan pemerintah nomor 29 tahun 1986 yaitu setiap rencana berupa:
a. perubahan bentuk lahan dan bentuk alam, seperti: pembuatan jalan, bendungan, jalan kereta api dan pembuakaan hutan;
b. eksploitasi sumber daya alam baik yang terbaharui maupun yang tidak terbaharui, seperti; pertambangan dan eksploitasi hutan;
c. proses dan kegiatan lain yang secara potential dapat menimbulkan pemborosan, perusakan dan kemerosotan pemanfaatan sumber daya alam dan energi, seperti, pemanfaatan tanah yang tidak diikuti dnegna konservasi dan penggunaan energi yang tidak diikuti dengan teknologi yang dapat mengefisienkan pemakainya.
d. proses dan hasilnya yang mengancam kesejahteraan penduduk, pelestarian kawasan konservasi alam dan cagar budaya, seperti kegiatan yang proses dan hasilnyamenimbulkan pencemaran, penggunaan energi nuklir dan sebagainya;
e. introduksi jenis tumbuhan dan jenis hewan, seperti introduksi jenis tumbuhan dan jenis hewan, seperti; introduksi suatu jenis tumbuhan baru yang dapat menimbulkan jenis penyakit baru pda tanaman; introduksi suaut jenis hewan baru yang dapat mempengaruhi kehidupan hewan yang telah ada;
f. pembuatan dan penggunaan bahan hayati dan non hayati;
g. penerapan teknologi yang diperkirakan mempunyai potensi besar mempengaruhi lingkungan.[2]

Dasar hukum AMDAL
Sebagai dasar hukum AMDAL adalah PP No.27/ 1999 yang di dukung oleh paket keputusan menteri lingkungan hidup tentang jenis usaha dan/ atau kegiatan yang wajib dilengkapi dengan AMDAL dan keputusan kepala BAPEDAL tentang pedoman penentuan dampak besar dan penting.
Tujuan dan sasaran AMDAL   
Tujuan dan sasaran AMDAL adalah untuk menjamin suatu usaha atau kegiatan pembangunan dapat berjalan secara berkesinambungan tanpa merusak lingkungan hidup. Dengan melalui studi AMDAL diharapkan usah dan / atau kegiatan pembangunan dapat memanfaatkan dan mengelola sumber daya alam secara efisien, meminimumkan dampak negatip dan memaksimalkan dampak positip terhadap lingkungan hidup.
Tanggung jawab pelaksanaan AMDAL
Secara umum yang bertanggung jawab terhadap koordinasi proses pelaksanaan AMDAL adalah BAPEDAL (Badan Pengendalian Dampak Lingkungan).
Mulainya studi AMDAL
AMDAL merupakan bagian dari studi kelayakan suatu rencana usaha dan/atau kegiatan. Sesuai dengan PP No./ 1999 maka AMDAL merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan ijin melakukan usaha dan / atau kegiatan . Oleh karenya AMDAL harus disusun segera setelah jelas alternatif lokasi usaha dan /atau kegiatan nya serta alternatif teknologi yang akan di gunakan.
AMDAL dan perijinan.
Agar supaya pelaksanaan AMDAL berjalan efektif dan dapat mencapai sasaran yang diharapkan , pengawasannya dikaitkan dengan mekanisme perijinan rencana usaha atau kegiatan. Berdasarkan PP no.27/ 1999 suatu ijin untuk melakukan usaha dan/ atau kegiatan baru akan diberikan bila hasil dari studi AMDAL menyatakan bahwa rencana usaha dan/ atau kegiatan tersebut layak lingkungan. Ketentuan dalam RKL/ RPL menjadi bagian dari ketentuan ijin.
Pasal 22 PP/ 1999 mengatur bahwa instansi yan bertanggung jawab (Bapedal atau Gubernur) memberikan keputusan tidak layak lingkungan apabila hasil penilaian Komisi menyimpulkan tidak layak lingkungan. Keputusan tidak layak lingkungan harus diikuti oleh instansi yang berwenang menerbitkan ijin usaha. Apabila pejabat yang berwenang menerbitkan ijin usaha tidak mengikuti keputusan layak lingkungan, maka pejabat yang berwenang tersebut dapat menjadi obyek gugatan tata usaha negara di PTUN. Sudah saatnya sistem hukum kita memberikan ancaman sanksi tidak hanya kepada masyarakat umum , tetapi harus berlaku pula bagi pejabat yang tidak melaksanakan perintah Undang-undang seperti sanksi disiplin ataupun sanksi pidana.
Prosedur penyusunan AMDAL
Secara garis besar proses AMDAL mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
1.Mengidentifikasi dampak dari rencana usaha dan/atau kegiatan
2.Menguraikan rona lingkungan awal
3.Memprediksi dampak penting
4.Mengevaluasi dampak penting dan merumuskan arahan RKL/RPL.
Dokumen AMDAL terdiri dari 4 (empat) rangkaian dokumen yang dilaksanakan secara berurutan , yaitu:
1.Dokumen Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan (KA-ANDAL)
2.Dokumen Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL)
3.Dokumen Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL)
4.Dokumen Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL)
Pendekatan Studi AMDAL
Dalam rangka untuk mencapai efisiensi dan efektivitas pelaksanaan AMDAL, penyusunan AMDAL bagi rencana usaha dan/atau kegiatan dapat dilakukan melalui pendekatan studi AMDAL sebagai berikut:
1.Pendekatan studi AMDAL Kegiatan Tunggal
2.Pendekatan studi AMDAL Kegiatan Terpadu
3.Pendekatan studi AMDAL  Kegiatan Dalam Kawasan
Penyusunan AMDAL
Untuk menyusun studi AMDAL pemrakarsa dapat meminta jasa konsultan untuk menyusun AMDAL. Anggota penyusun ( minimal koordinator pelaksana) harus bersertifikat penyusun AMDAL (AMDAL B). Sedangkan anggota penyusun lainnya adalah para ahli di bidangnya yang sesuai dengan bidang kegiatan yang di studi. Peran serta masyarakat
Semua kegiatan dan /atau usaha yang wajib AMDAL, maka pemrakarsa wajib mengumumkan terlebih dulu kepada masyarakat sebelum pemrakarsa menyusun AMDAL. Yaitu pelaksanaan Kep.Kepala BAPEDAL No.08 tahun 2000 tentang Keterlibatan masyarakat dan keterbukaan informasi dalam proses AMDAL. Dalam jangka waktu 30 hari sejak diumumkan , masyarakat berhak memberikan saran, pendapat dan tanggapan. Dalam proses pembuatan AMDAL peran masyarakat tetap diperlukan . Dengan dipertimbangkannya dan dikajinya saran, pendapat dan tanggapan masyarakat dalam studi AMDAL. Pada proses penilaian AMDAL dalam KOMISI PENILAI AMDAL  maka saran, pendapat dan tanggapan masyarakat akan menjadi dasar pertimbangan penetapan kelayakan lingkungan suatu rencana usaha dan/atau kegiatan.
PENILAIAN DOKUMEN AMDAL
Penilaian dokumen AMDAL dilakukan oleh Komisi Penilaian AMDAL Pusat yang berkedudukan di BAPEDAL untuk  menilai dokumen AMDAL dari usaha dan/atau kegiatan yang bersifat strategis, lokasinya melebihi satu propinsi, berada di wilayah sengketa, berada di ruang lautan, dan/ atau lokasinya dilintas batas negara RI dengan negara lain.
Penilaian dokumen AMDAL dilakukan untuk beberapa dokumen dan meliputi penilaian terhadap kelengkapan administrasi dan isi dokumen. Dokumen yang di nilai adalah meliputi:  
  1.Penilaian dokumen Kerangka Acuan (KA)
2.Penilaian dokumen Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL)
3.Penilaian Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL)
4.Penilaian Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL)
Penilaian Kerangka Acuan (KA), meliputi:
1.Kelengkapan administrasi
2.Isi dokumen, yang terdiri dari:
a.Pendahuluan
b.Ruang lingkup studi
c.Metode studi
d.Pelaksanaan studi
e.Daftar pustaka dan lampiran
Penilaian Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL), meliputi:
1.Kelengkapan administrasi
2.Isi dokumen, meliputi:
a.Pendahuluan
b.Ruang lingkup studi
c.Metode studi
d.Rencana usaha dan /atau kegiatan
e.Rona lingkungan awal
f.Prakiraan dampak penting
g.Evaluasi dampak penting
h.Daftar pustaka dan lampiran
Penilaian Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL), meliputi:
1.Lingkup RKL
2.Pendekatan RKL
3.Kedalaman RKL
4.Rencana pelaksanaan RKL
5.Daftar pustaka dan lampiran
Penilaian Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL), meliputi:
1.Lingkup RPL
2.Pendekatan RPL
3.Rencana pelaksanaan RPL
4.Daftar pustaka dan lampiran.
KOMISI PENILAI ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN
(AMDAL) KABUPATEN/ KOTA.
Komisi tersebut di bentuk oleh Bupati/ Walikota. Tugas komisi penilai adalah menilai KA, ANDAL, RKL, dan RPL. Dalam melaksanakan tugasnya komisi penilai dibantu oleh tim teknis komisi penilai dan sekretaris komisi penilai.
Susunan keanggotaan komisi penilai terdiri dari ketua biasanya dijabat oleh Ketua Dapedalda Kabupaten/Kota, sekretaris yang dijabat oleh salah seorang pejabat yang menangani masalah AMDAL. Sedangkan anggotanya terdiri dari wakil Bapeda, instansi yang bertugas mengendalikan dampak lingkungan, instasi bidang penanaman modal, instansi bidang pertanahan, instansi bidang pertahanan, instansi bidang kesehatan, instansi yang terkait dengan lingkungan kegiatan, dan anggota lain yang di anggap perlu.
Secara garis besar komisi penilai AMDAL dapat terdiri dari unsur-unsur (1) unsur pemerintah;(2) wakil masyarakat terkena dampak; (3) perguruan tinggi; (4) Pakar dan (5) organisasi lingkungan.
Ada semacam kerancuan dalam kebijakan AMDAL dimana dokumen tersebut ditempatkan sebagai sebuah studi kelayakan ilmiah di bidang lingkungan hidup yang menjadi alat bantu bagi pengambilan keputusan dalam pembangunan. Namun demikian komisi penilai yang bertugas menilai AMDAL beranggotakan mayoritas wakil dari instansi pemerintah yang mencermikan heavy bureaucracy , dan wakil-wakil yang melakukan advokasi . Dari komposisi yang ada dapat mengakibatkan hal-hal sebagai berikut (1) keputusan kelayakan lingkungan di dominasi oleh suara suara yang didasarkan pada kepentingan birokrasi; (2).wakil masyarakat maupun LSM sebagai kekuatan counter balance dapat dengan mudah terkooptasi (captured or coopted)  karena berbagai faktor;
(3) keputusan cukup sulit untuk dicapai karena yang mendominasi adalah bukan pertimbangan ilmiah obyektif akan tetapi kepentingan pemerintah atau kepentingan masyarakat/ LSM secara sepihak .
Sebagai seorang pengusaha atau investor , kemana dia harus berkonsultasi jika mereka akan melaksanakan studi AMDAL ?. Sebaiknya konsultasi dapat dilakukan di 3 (tiga) komisi penilai AMDAL, yaitu:
1.    Komisi Penilai AMDAL Pusat
2.    Komisi Penilai AMDAL Propinsi
3.    Komisi AMDAL Kabupaten/ Kota. Tergantung dari jenis rencana kegiatan yang akan di studi AMDAL nya.
EVALUASI PROSES PENILAIAN DOKUMEN AMDAL
Proses dan prosedur penilaian AMDAL secara umum cukup baik yang ditandai dengan singkatnya waktu penilaian , memang waktu penilaian sangat tergantung dari kualitas KA dan dokumen AMDAL nya sendiri.
Kemampuan teknis dan obyektifitas dari penilaian
Anggota komisi penilai yang telah memiliki sertifikat kursus AMDAL A, B, dan C cukup baik secara teknis dan obyektif, lebih profesional serta anggota penilai yang pernah melakukan penyusunan AMDAL walaupun jumlahnya relatif tidak banyak. Anggota komisi penilai yang berasal dari institusi sektoral atau dari pemerintah daerah (bukan dari tim penilai tetap) sering belum banyak menguasai mengenai AMDAL. Penilaian oleh LSM dan wakil dari masyarakat kadang-kadang kurang obyektif. Tim teknis yang ikut duduk di dalam komisi penilai perlu lebih memahami peran bidangnya dalam AMDAL.
Evaluasi keterlibatan masyarakat.
Usaha melibatkan masyarakat dalam penilaian AMDAL cukup memadai dengan dilibatkannya LSM lokal dan Pemerintah daerah (Bappeda), dan tokoh masyarakat.[3]

Kita sebagai masyarakat harus membantu pemerintah dalam mengawasi perusahaan/industri yang akan membangun usahanya di lingkungan kita tinggal, jangan sampai kita acuh tak acuh terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan oleh industri yang akan membangun pabriknya di lingkungan kita, sebab jika kita tidak perduli terhadapnya maka bisa menghasilkan dampak yang negative untuk masayarakat luas, sebagi contoh industri bahan kimia akan didirikan disuatu wilayah dimana daerah tersebut dekat dengan lingkungan dimana banyak masyarakat yang tinggal, lalu karena ketidakperduliaan warga sekitar limbah dari indutri kimia itu pun dibuang kesungai sehingga sungai yang tadinya masih jernih dengan banyak biota yang hidup disana dengan adanya limbah yang berbahaya tersebut dibuang ke sungai maka biota yang hidup di sungai tersebutpun mati.Belum lagi dampak negative lainnya jika industri belum memiliki AMDAL ini.

referensi:
[1] http://www.menlh.go.id/amdal/
[2] http://www.artikellingkunganhidup.com/amdal-analisa-dampak-lingkungan.html
[3]http://mukono.blog.unair.ac.id/2009/09/09/analisis-mengenai-dampak-lingkungan-amdal-dan-faktor-recovery-ekonomi/

Pemanfaatan Media Sosial untuk Pemberdayaan Petani & Nelayan

Media Sosial


TEMPO.CO, Bogor - Sejumlah tokoh pendidikan dari dalam dan luar negeri menyarankan kepada pemerintah RI agar penggunaan media sosial, seperti Twitter dan Facebook, yang selama ini identik dengan masyarakat perkotaan diarahkan untuk pemberdayaan masyarakat pedesaan. Meski Indonesia menjadi pengguna media sosial terbesar keempat di dunia, para tokoh pendidikan menilai manfaat media sosial saat ini lebih didominasi konten hiburan.

"Media sosial belum sampai digunakan untuk memberdayakan masyarakat," kata Dekan Fakultas Ekologi Manusia (Fema) Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Arif Satria, pada acara simposium internasional dengan tema "Development Communication for Sustainable Development of Rurat Community" yang dilaksanakan Forum Komunikasi Pembangunan Indonesia (FORKAPI) IPB, yang berlangsung dua hari, Rabu dan Kamis, 30 dan 31 Oktober 2013.

Menurut Arif, media sosial bisa dimanfaatkan sebagai sarana penyuluhan. Seperti mensosialisasikan sistem cocok tanam, info cuaca, keadaan gelombang laut, dan suhu. "Di mana nelayan atau petani bisa mengakses itu," Arif menjelaskan.

Salah satu strategi yang bisa dilakukan dalam menyukseskan program pemberdayaan adalah memanfaatkan para penggiat jejaring sosial yang memiliki banyak follower untuk aktif mensosialisasikan konten-konten informasi pertanian dan nelayan.

Menurut profesor dari Emeritus University of the Philippines Open University, Felix Librero, pemerintah Indonesia seharusnya bisa memanfaatkan jejaring sosial, seperti Facebook, untuk terjun langsung ke masyarakat. Seperti halnya di Filipina, menurut Felix, pemerintah memanfaatkan media sosial untuk kegiatan pemberdayaan, termasuk dalam hal politik. "Pemerintah Indonesia justru punya peluang lebih besar untuk lebih dekat ke masyarakat dengan memanfaatkan media sosial," kata Felix, yang menjadi pembicara dalam acara tersebut.

Selain jejaring sosial, Profesor Felix merekomendasikan penguatan eksistensi media komunitas. "Peran media komunitas sangat kuat karena sangat dekat dengan masyarakat," katanya.

Sementara Profesor Adnan Husein, dari School of Communication University Sains Malaysia, menyatakan bahwa pengadaan fasilitas akses informasi mutlak dilaksanakan jika menginginkan suatu masyarakat berkembang dengan baik.

Seperti halnya di Malaysia, Profesor Adnan menggambarkan bahwa pemerintah setempat memberikan fasilitas bagi penduduk untuk berkomunikasi dengan masyarakat luar melalui penggunaan media sosial. "Dari adanya fasilitas itu, masyarakat di negara kami bisa mengakses segala bentuk kebutuhannya," Adnan menjelaskan.

Presiden Forkapi Aida Vitayala S. Hubeis mengungkapkan bahwa langkah konkret yang harus dilakukan adalah membangun kerja sama antara akademisi dan pemerintah dalam menyusun multistrategi dan multidimensi terkait pemetaan program pemberdayaan di desa. Kerja sama bisa dilakukan, salah satunya dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, dalam memetakan tokoh-tokoh berpengaruh di daerah, dan mereka menjadi mediator pemerintah dengan masyarakat dalam melaksanakan program pemberdayaan yang dilakukan melalui media sosial.

Menurut Aida, program pemberdayaan itu bisa efektif jika pemerintah mengefektifkan komunikasi pembangunan dengan pola partisipatif dan dialogis. Kemudian hal lain yang perlu dilakukan, kata Aida, menghidupkan media komunitas yang bersahabat. "Kita pernah mengalami era media komunitas yang sangat baik, tetapi semakin ke sini semakin menurun perannya," kata Aida.[1]

         Dari artikel di atas kita dapat mengambil pelajaran bahwa media sosial yang selama ini banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia khususnya pada masyarakat perkotaan yang sebagian dari kita hanya menggunakan media sosial yang ada hanya untuk bermain-main saja, ternyata media sosial seperti facebook & twitter bisa bermanfaat bagi para petani dan nelayan.
          Media sosial jika digunakan oleh kalangan remaja mungkin kebanyakan hanya digunakan untuk berkomunikasi anatara teman saja, namun jika media sosial ini digunakan    oleh orang yang tepat, misalnya seseorang yang tinggal di desa dan di pesisir laut yang sadar akan manfaat dari kemudahan teknolgi informasi saat ini dan peduli untuk memajukan dan mempermudah daerahnya  maka akan menghasilkan kebermanfaatan,  beberapa pemanfaatan dari media sosial untuk nelayan dan petani  adalah media sosial bisa digunakan sebagai sarana penyuluhan, seperti mensosialisasikan sistem cocok tanam, info cuaca, keadaan gelombang laut, dan suhu. Selain sarana penyuluhan media sosial juga bisa digunakan untuk para petani dan nelayan mengetahui info-info harga barang dipasaran guna mengetahui berapa harga jual dari hasil produk sayuran atau ikan yang telah mereka hasilkan dan ingin dijual ke pasaran. Sehingga diharapkan petani dan nelayan bisa mengoptimalkan hasil panen dan ikan yang mereka miliki.
           Tetapi pada kenyataannya sekarang ini pengoptimalan media sosial untuk pemberdayaan  petani dan nelayan sangatlah kurang, perlu peran aktif pemerintah dalam mendukung pengoptimalan media sosial ini, seperti pemerintah bekerja sama dengan operator penyedia jasa internet guna memperluas jaringan internet hingga desa-desa terpencil dan pemerintah juga bisa bekerjasama dengan tokoh-tokoh yang berpengaruh di daerahnya masing-masing, dan mereka menjadi mediator  antara pemerintah dengan masyarakat dalam melaksanakan program pemberdayaan yang dilakukan melalui media sosial. Yang diharapkan dengan kemudahan teknologi informasi zaman sekarang ini memberi kesejahteraan rmanfaatan bagi para petani dan nelayan



sumber :


Minggu, 09 November 2014

Free Download Deep Freeze 7.0 Full Version


DEEP FREEZE 7



          Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi software yang ada pada list software yang saya punya di PC saya. Fungsi dari software ini sendiri seperti membekukan(freeze) sebuah hard disk atau partisi hard disk anda yang telah dipilih untuk di freeze, sehingga perubahan settingan, penginstallan software maupun penghapusan file, baik yang dilakukan secara disengaja atau tidak disengaja dapat dicegah hanya dengan merestart komputer, sehingga komputer kita akan kembali ke kondisi terakhir pada saat software ini terinstall dan aktif. 
          Keterangan beberapa plihan yang ada dalam program ini sebagai berikut :
  •  "Boot Frozen"  opsi ini digunakan untuk mengaktifkan program deep freeze, dimana dalam keadaan PC/laptop kita memilih opsi ini, jika kita  melakukan perubahan pada sistem, menghapus dan menginstall software atau apapun, akan tetapi hanya dengan mengshutdown atau merestart komputer/PC kita maka sistem windows kembali ke kondisi terakhir pada saat program ini diaktifkan. Untuk catatan jika kita ingin menginstall program yang kita kehendaki atau ingin mensave data di harddisk yng telah kita freeze, selalu diingat untuk menonaktifkan program ini agar program yang kita install atau data yang kita ingin simpan tidak terhapus.
  •  "Boot thawed on next"  pada opsi ini jika pada boot frozen untuk mengaktifkan deep freeze maka opsi ini untuk menonaktifkan program deep freeze
  • "Tab menu Password" opsi ini untuk mensetting  password yang akan kita gunakan untuk membuka program ini agar program ini hanya bisa dibuka oleh kita sendiri.
          Silakan didownload software ini secara gratis jika ingin komputer kita terhidar dari perubahan-perubahan yang tidak diinginkan & terhindar dari  virus yang menyebalkan.
jika tidak mau komputer rusak karna tanpa sengaja ada registry windwos penting yang kita hapus/ karna ulah virus jahat, maka saya sarankan anda semua pakai deep freeze ini.
Saya akan membagikan softwarenya dengan gratis dan bisa dipakai sampai kapanpun,karna sudah ada License numbernya, ukuran sogftware ini hanya 5.1MB berformat .exe . Oke langsung saja di download dibawah ini:


Referensi: 

Free Download Tutorial Adobe Photoshop CS3

         

         Pada kesempatan kali ini saya akan bebagi ebook yang saya miliki yang saya dapat ketika masih di SMK dulu.ada gak yang mau bisa  photoshop CS3?,kalo iya
Lumayan kan ,kalo bisa bisa buat Bagusin photo kita/. mungkin Bisa buat WIRAUSAHA cetak photo?

Saya punya ni TUTORIALnya.....
SILAKAN DIDOWNLOAD ,formatnya .pdf

>DOWNLOAD<

Referensi: 

Senin, 03 November 2014

Pemutih Gigi Alami

Pemutih Gigi Alami

         Meskipun banyak solusi yang ditawarkan di pasaran, anda tidak harus membebankan kantong anda untuk membeli berbagai produk yang mahal. Anda dapat membuat sendiri produk pemutih gigi alami di rumah untuk penggunaan pribadi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa produk yang berbahan dasar alami selalu lebih baik dari yang berbahan dasar kimiawi.
Membuat pasta gigi dari natrium bikarbonat adalah salah satu ide yang bagus untuk memutihkan gigi. Anda dapat menggunakan bubuk kering atau atau mencampurkan dengan air dan membuatnya menjadi pasta tebal untuk anda gunakan. Anda juga dapat mencampurkan pasta buatan anda dengan pasti gigi biasa yang anda gunakan sehari-hari. Opsi lain adalah menggunakan jeruk nipis. Buah ini terkenal dapat menghilangkan noda. Anda dapat mencampurkannya dengan pasta gigi anda atau menggunakannya langsung pada gigi anda.
Buah-buahan lain yang bersifat asam seperti stoberi dan lemon memang dapat membantu memutihkan gigi akan tetapi anda harus tetap menjaga agar tidak menggunakannya dalam intensitas yang berlebihan karena akan dapat menggerus lapisan terluar gigi anda.
Baking soda juga bisa menjadi alternatif lain untuk memutihkan gigi anda. Ada banyak jenis pasta gigi yang mencampurkan baking soda kedalam produk mereka, akan tetapi anda juga dapat menggunakan baking soda murni tanpa dicampur apapun. Ingatlah selalu untuk menyikat gigi anda dengan dengan lembut, gerakan sikat yang terlalu bertenaga juga memungkinkan lapisan terluar gigi anda ikut tergerus.
Gigi yang bersih dapat menunjang senyum anda dan kesan pertama berjumpa dengan orang lain. Menjaga kesehatan mulut tidak hanya untuk penampilan tapi juga mencegah anda menjadi pasien dokter gigi.

Sabtu, 01 November 2014

Free Download Map Yogyakarta

  
PETA YOGYAKARTA

          Ayo bagi teman-teman ada yang berencana pergi ke Yogyakarta ada baiknya melihat peta terlebih dahulu agar tidak tersesat nantinya, Peta ini dikhususkan bagi para pendatang dari Yogyakarta yang mau berkunjung ke sana.
          Untuk menjalankan aplikasi ini cukup lakukan doubleklik lalu peta akan muncul dengan cepat kelebihannya adalah kita tidak perlu menginstall terlebih dahulu aplikasi ini, di aplikasi ini tersedia tombol zoom in dan zoom out serta fitur untuk memutar peta -90 derajat,180 dan 90 derajat serta ada arah utara timur selatan dan barat. Peta ini hanya memuat jalan-jalan protokol di Yogyakarta saja dan tidak termasuk lokasi-lokasi wisata di sekitaran Yogyakarta disinilah kekurangan peta ini.
          Peta yang saya punya ini formatnya .exe , sangat mudah digunakan hanya klik aplikasinya-run lalu peta pun muncul, dan ukuran datanya kurang dari 500kb. Semoga peta ini dapat bermanfaat ;)
silakan di Download ya :

Kemiskinan dan Keterbelakangan

Sumber video:https://www.youtube.com/embed/ZDbgUoY0cfM
KEMISKINAN DAN KETERBELAKANGAN

          Pada video diatas menceritakan tentang keadaan kemiskinan dan keterbelakangan di dusun sidowayan desa Sidoharjo,Jambon-Ponorogo Jawa Timur, disini merupakan salah satu kantong kemiskinan yang terparah, dusun seluas 219hektar ini secara geografis dikelilingi perbukitan yang tandus, berbagai macam komoditi pertanian ditanam dengan hanya mengandalkan air hujan sebagai sumber air utama, didaerah ini lebih dari 300 penduduknya menderita keterbelakangan mental, beragam penyebab seperti faktor genetis, perkawinan sedarah dan kekurangan gizi membuat wilayah ini terbelenggu dengan problema keterbelakangan mental selama lebih dari puluhan tahun. Hampir semua rumah warga di desa ini berdindingkan anyaman bambu dan beralas tanah, untuk makan sehari-hari saja banyak warga yang setiap harinya memakan kerak tiwul.
          Berjarak 15Kmdi timur kota Ponorogo,Desa Paringan yang terletak di lereng gunung bilis ini dikelilingi hamparan sawah yang mulai menguning, namun dibalik suburnya tanah paringan sebuah fakta miris kembali hadir, diDesa ini 67 warganya mengalami gangguan kejiwaan penyebab gangguan kejiwaan di desa ini bukan hanya dipengaruhi oleh faktor genetis saja, kemiskinan, masalah keluarga maupun pekerjaan. Selain itu di daerah lain yang berjarak 27Km dari kota Ngawi tepatnya di Dusun Pucung di Desa Kaserman memiliki potensi tambang batu padas, tambang batu ini pula yang mampu menghidupi raatusan warga desa kaserman, untuk menambang batu ini masih menggunakan dengan cara tradisional yang tentunya bahaya bagi para penambangnya, tak jarang banyak para penambang yang bekerja dari pagi hingga sore untuk menambang batu padas ini yang dibuat pawonan (tatakan untuk memasak), padahal upah yang dihasilkan tidak seberapa dibanding dengan resiko pekerjaaan yang dihadapi oleh para penambang, ini merupakan gambaran nyata masyarakat kita yang masih terjerat dengan kemiskinan.
          Video diatas merupakan sebagian kecil contoh kemiskinan yang ada di negeri ini, untuk dapat melihat persentase kemiskinan di indonesia bisa melihat website Badan Pusat Stastistik: 
Disini[1]

FAKTOR PENYEBAB KEMISKINAN DAN KETERBELAKANGAN SECARA  UMUM    
   Faktor-faktor yang  menyebabkan terjadinya kemiskinan dan keterbelakangan, antara lain:
1. Kemiskinan secara umum.
2. Mata pencaharian utama di sektor pertanian.
3. Adanya perekonomian dualistis.
4. Kurangnya pengolahan sumber daya alam secara efisien.
5. Pertumbuhan penduduk.
6. Tingginya angka pengangguran.
7. Kondisi ekonomi yang terbelakang. 
8. Kurangnya inisiatif untuk berusaha.
9. Adanya kelangkaan alat modal.
10. Rendahnya tingkat penguasaan teknologi.
11. Orientasi ekspor barang primer.[2]

Referensi: