search

Jumat, 21 November 2014

Seminar New Generation and New Communication Personality and Disorder



Seminar ini dilaksanakan pada 11 November 2014 di Universitas Gunadarma ruang D460. Seminar yang diadakan oleh Program Pasca Srajana S3 Universitas Gunadarma ini membahas topik tentang “Generasi Baru dan Komunikasi Kepribadian Baru dan Gangguannya”. Dari acara seminar kali ini, saya bisa mengambil beberapa pelajaran dari para pembicara pada subjek - materi pelajaran yang terkandung dalam seminar.
Pada era Globalisasi sekarang ini dimana perkembangan teknologi begitu cepat, generasi sekarang ini sudah banyak yang mengenal teknologi seperi gadget & internet, sekarang ini hampir semua pemuda/remaja memiliki gadget, dengan gadget pasti sudah tersedia layanan untuk mengakses internet, dengan adanya kemudahan mengakses internet dimanapun sekarang ini bisa menjadi hal yang positive dan juga bisa menjadi hal yang negative, semua itu tergantung dengan siapa yang menggunakannya.

 Dengan adanya internet komunikasi kita dengan orang yang jauh jadi begitu mudah, pengertian komunikasi sendiri menurut moderator adalah  suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang , kelompok, organisasi , dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi untuk menghubungkan dengan lingkungan dan orang lain . Pada kenyataanya komunikasi tidak selalu berjalan mulus seperti yang kita bayangkan ada beberapa gangguan yang mungkin terjadi pada komunikasi sekarang ini, salah satu contohnya adalah seseorang yang mengalami broken home, dia akan melampiaskan kekecewaannya terhadap  orangtuanya yang selalu bertengakar dengan melakukan hal-hal yang negative seperti penggunaan narkoba dan melakukan hal yang lainnya. Peran teknologi disini juga membantu orang yang ingin melakukan hal-hal negative, seperti dengan adanya internet dia bisa mencari informasi siapa yang menjual narkoba dan dapat memesannya dengan mudah. Solusi untuk mereka yang sudah terjerumus ke obat-obatan terlarang itu adalah yang pertama hubungan anatara kedua orangtuanya harus diperbaiki dulu dan diperlukan peran aktif orang tua untuk merangkulnya agar dia mau direhabilitasi agar tidak memakai narkoba itu lagi.

Dengan adanya teknologi sekarang ini para pemuda/remaja bisa memanfatkannya untuk melakukan hal-hal yang positive dan dapat bermanfaat bagi penggunanya. Dengan adanya kemudahan mengakses informasi maupun dalam berkomunikasi pada era ini kita dapat memanfaatkannya untuk mempelajari budaya negara laian dan dapat berkomunikasi dengan orang di seluruh dunia dengan hanya menggunakan internet degan biaya yang murah, selain itu kita juga dapat menggunakan internet untuk media mempromosikan usaha yang kita jalankan agar usaha/ bisnis yang kita jalankan bisa lebih optimal dalam penjualannya. Dengan era komunikasi baru yang telah maju ini kita dituntut untuk mengembangkan kreatifitas yang kita miliki guna memanfaatkannya.


0 komentar:

Posting Komentar