search

Jumat, 21 November 2014

Seminar Pengenalan Nuvoton Learning Board 32 bit ARM Cortex sebagai Platform Pembelajaran Microcontroller dan Embedded System



Seminar ini dilaksanakan pada 05 November 2014 di Universitas Gunadarma ruang D460. Seminar yang diadakan oleh Program Diploma TI Universitas Gunadarma ini membahas topik tentang “ Pengenalan Nuvoton Learning Board 32 bit ARM Cortex sebagai Platform Pembelajaran Microcontroller dan Embedded System” sebagai bentuk rintisan kerjasama  dengan Nuvoton.
Seminar yang diselenggarakan di  Kampus Gunadarma Depok Ruang Auditorium Gedung 4 Lantai 6, berlangsung dengan lancar. Narasumber yang mengisi kegiatan tersebut antara lain:
1. Mr, Gaveen Lee, AVP Nuvoton
2. Bpk. Lukman, Partner Nuvoton Indonesia
3. Bpk. Dr. Eri Prasetyo Wibowo, Dosen Universitas Gunadarma
Moderator: Dr. Lintang Yuniar Banowosari  
Nuvoton Technology Corporation adalah perusahaan semiconductor yang berpusat di Taiwan yang didirikan pada tahun 2008. Produk yang dihasilkan Nuvoton yaitu Microcontroller Application IC, Audio Application IC, Cloud & Computing IC, dan Foundry Service.

Pada seminar kali ini Nuvoton mengenalkan salah satau line produksinya yaitu Microcontroller Application Business Group Nuvoton berfokus terutama pada Micro-Controller IC, Voice dan Speech ICs. Nuvoton NuMicroFamily adalah general-purpose microcontroller yang pertama diproduksi di Asia yang memiliki core 32-bit ARMCortex-M0. Produk ini memiliki fitur seperti wide voltage input, high anti-interference, high noise immunity design, sangat cocok untuk sistem kontrol industry yang sebelumnya menggunakan 8 bit mikro-controller. Contoh pengaplikasian dari Nuvoton Learning Board 32 bit ARM Cortex diperlihatkan oleh pihak nuvoton berupa pengamanan pintu berangkas dengan memasukkan password, jika passwordnya benar maka secara otomatis penghalang yang digunakan untuk mengunci pintu akan terbuka dan jika password yang dimasukkan salah maka penghalangnya tidak akan terbuka dan lampu darurat akan menyala.

Embedded System (System Tertanam) adalah suatu sistem komputer yang didesain untuk menangani pekerjaan/ tujuan spesifik. Secara garis besar mirip dengan Operating System yang ada pada PC, Embedded System yang terdapat dalam suatu perangkat juga mengatur perilaku/fungsi dari Hardware tersebut. Namun, embedded system tidak bisa melakukan hal-hal yang umum seperti  memutar file multimedia. Embedded System hanya mampu melakukan suatu mekanisme untuk tujuan tertentu sesuai dengan kemampuan perangkat dimana Embedded System itu terinstall. Dimasa yang akan datang teknologi yang akan banyak digunakan adalah yang berbasis chip


0 komentar:

Posting Komentar